Tidak Dapat Kirim Video Dan Foto Di Whatsapp ? Begini Cara Mengatasinya!

Mengatasi Gagal kirim video dan foto di WA - Untuk aplikasi perpesanan dan panggilan online menyerupai WhatsApp tentunya kita sudah tidak abnormal lagi, Bahkan saking populernya hingga ketika ini belum ada yang menyaingi jumlah pengguna WA di seluruh Dunia. Hal tersebut tidak lepas dari pamor google sebagai pemiliknya sekaligus menandakan bahwa WhatsApp gampang digunakan, Ringan dijalankan dan tidak terlalu membebani kinerja sistem Android.

Mengatasi Gagal kirim video dan foto di WA Tidak sanggup kirim Video dan Foto di WhatsApp ? Begini cara mengatasinya!

Tidak hanya cepat dalam berkirim pesan teks, Server WhatsApp juga sangat cepat untuk respon berkirim video dan juga file gambar. Namun adakalanya permasalah sering terjadi di beberpaa pengguna WA, dimana problem gagal mengirim file gambar maupun file video, bahkan berulang kali dicoba selalu gagal mengirim file multimedia tersebut.

Cara mengatasi gagal kirim Video & Foto di WA

Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab dan cara mengatasi dilema gagalnya berkirim pesan gambar (foto) maupun file video di aplikasi WhatsApp, silahkan eksklusif saja simak ulasan dan trik WA di bawah ini.

Izin Aplikasi

Penyebab yang sering terjadi ketika kita gagal mengirim file berformat gambar maupun video di aplikasi WhatsApp yakni belum adanya izin aplikasi WA untuk mengakses file di dalam ruang penyimpanan.

Walaupun pada setelan defaultnya, Ketika gres pertama kali menginstall WhatsApp opsi untuk izin aplikasi mengakses data di ruang penyimpanan sudah aktif secara otomatis, namun bsa saja opsi tersebut menjadi disable (nonaktif) lantaran suatu alasannya tertentu.

Untuk memastikannya, silahkan simak cara mengaktifkan izin aplikasi WA untuk saluran ruang penyimpanan berikut ini:

1. Buka pengaturan atau sajian setelan di HP Android

2. Kemudian masuk ke opsi 'aplikasi' atau sanggup juga menunya berjulukan 'manajer aplikasi'

Mengatasi Gagal kirim video dan foto di WA Tidak sanggup kirim Video dan Foto di WhatsApp ? Begini cara mengatasinya!

3. Setelah masuk ke opsi aplikasi, selanjutnya cari nama aplikasi ''whatsapp' dan masuk ke dalamnya

4. selanjutnya masuk ke opsi Izin aplikasi, disana akan terlihat beberapa nama izin saluran terhadap perangkat menyerupai kamera, kontak, mikrofone, lokasi, penyimpanan, SMS maupun telepon. Nah, aktifkan (geser slider) 'Penyimpanan' semoga whatsapp sanggup mengakses file foto maupun video dari ruang penyimpanan ponsel.

5. Setelah izin aplikasi untuk saluran ruang penyimpanan aktif, silahkan tutup setelan telepon dan ulangi berkirim pesan foto maupun video di WA.

Baca juga tips WhatsApp berikut:


Koneksi data tidak stabil

Penyebab kedua yang sering terjadi ketika kita selalu gagal mengirim file video dan foto di WhatsApp adalah dilema koneksi jaringan data internet di ponsel yang tidak stabil.

Kaprikornus untuk mengatasi dilema ini, coba cek terlebih dahulu tangkapan sinyal di HP anda, kemudian cobalah untuk membuka browser dan berselancar, apabila membuka situs tertentu sudah lancar berarti sanggup dipastikan koneksi internet tidak mengalami masalah.


Perlu diketahui, sebetulnya ketika kita menekan tombol kirim ketika melaksanakan chatting di WhatsApp kemudian koneksi data tiba-tibe melemah sanggup berakibat gagalnya berkirim foto atau video dan mengharuskan kita untuk menekan ulang berkirim file tersebut.

File video terlalu besar

Untuk kasus yang satu ini umumnya terjadi pada ketika kita berkirim video via WhatsApp, dimana besar ukuran file Video yang melebihi batasan yang ditentukan pihak WhatsApp akan tertolak.

Meskipun demikian pastinya pengguna aplikasi WA sudah mengetahui jikalau file video yang akan dikirim terlalu besar dikarenakan adanya peringatan di layar ihwal kegagalan berkirim file lantaran ukuran melebihi kapasitas yang ditentukan.

Ruang Penyimpanan penuh

Penyebab lain ketika kita selalu gagal berkirim pesan video dna gambar yakni lantaran ruag penyimpanan terlalu minim.

Dalam kinerjanya, Ketika kita mengirim file berformat video maupun gambar, nantinya file tersebut akan terduplikasi ke dalam folder WhatsApp yang ada di penyimpanan internal ponsel.

Kaprikornus coba cek terlebih dahulu berapa sisa ruang penyimpanan di memori internal ponsel dan bila sudah minim sekali silahkan pindah beberapa file ke penyimpanan eksternal.

Aplikasi bermasalah

Ketika semua opsi diatas sudah tidak sanggup mengatasi problem WhatsApp yang gagal kirim file foto dan video, coba lakukan pencucian data cache WhatsApp.

Bila perlu lakukan pencopotan (uninstall WhatsApp), kemudian reboot atau restart ponsel dan sesudah menyala silahkan unduh kembali aplikasi WhatsApp dari google play store.

Semoga dengan tips yang admin bagikan diatas sanggup mengatasi problem di aplikasi WhatsApp yang pembaca alami dan sanggup lagi berkirim pesan foto / video ke kerabat atau rekan kerja. Semoga bermanfaat.

February 23, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Tidak Dapat Kirim Video Dan Foto Di Whatsapp ? Begini Cara Mengatasinya!.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar