8 Cara Mempercepat Kinerja Komputer (Pc/Laptop) Terbaru

iBagiFirmware.blogspot.com8 Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop Terbaru - Dijaman yang serba komputer kini ini, hampir semua jenis pekerjaan dilakukan dengan memakai komputer, baik itu pekerjaan kantor, kiprah sekolah, kiprah kuliahan atau hal-hal lain yang berafiliasi dengan komputer. Namun ketika kita memakai sebuah komputer / laptop yang mengalami sedikit dilema dengan performanya atau dengan kata lain lambat, tentu ini akan sangat mengganggu, terlebih kalau kita dituntut untuk menuntaskan pekerjaan tersebut sempurna pada waktunya.

Untuk mengatasi komputer yang lambat, bekerjsama ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, contohnya melaksanakan perawatan rutin, mengosongkan penyimpanan hardisk, membersihkan cache / history, menghapus aplikasi tidak penting, mengganti ram dan sebagainya. Semua itu bisa kita lakukan sendiri tanpa harus membawanya ke tukang service atau tanpa harus mengganti komputer dengan yang baru.

8 Langkah Mempercepat Kinerja Komputer (PC/Laptop)

Nah, berikut ini yaitu langkah-langkah sederhana untuk meningkatkan performa / kecepatan komputer / laptop yang saya yakin bahwa teman bisa melakukannya sendiri dan tanpa harus meminta tunjangan dari orang lain.

1. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Ketika kita gres saja membeli sebuah komputer / laptop baru, didalamnya niscaya sudah terpasang beberapa aplikasi. Namun ada beberapa aplikasi yang tidak penting dan tidak terpakai, terlebih kalau aplikasi tersebut berukuran besar, tentu akan sangat mempengaruhi kapasitas penyimpanan hardisk dan mempengaruhi performa komputer kita.

Untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan, silahkan teman menghapusnya dengan cara mengklik tombol Start » Control Panel » Uninstall a Program. kemudian pilih aplikasi yang tidak diinginkan.

2. Minimalkan Program yang Berjalan Saat Startup

Mungkin sebagian dari teman bertanya-tanya Apa itu startup? Stratup Program yaitu proses menjalankan agenda secara otomatis bersamaan dengan load sistem operasi dikala komputer gres saja dinyalakan. Nah, dari startup ini biasanya banyak sekali aplikasi yang ikut terbuka tapi tidak diketahui oleh pemakainya, dengan kata lain agenda yang berjalan di background sistem operasi, contohnya agenda antivirus.

Sebagian dari agenda tersebut akan membebani kinerja komputer kita, terlebih lagi kalau ukuran filenya juga besar namun tidak dibutuhkan. Otomatis hal tersebut akan sangat mengganggu program-program penting lainnya yang juga berjalan.

Lalu untuk mengurangi agenda yang berjalan dikala startup, teman bisa melakukannya melalui hidangan Run dengan cara menekan tombol "Windows + R" pada keyboard. Setelah terbuka, ketik "MSCONFIG" (tanpa tanda kutip) kemudian tekan enter. Pilih tab "Startup". Hilangkan centang pada aplikasi yang kira-kira dianggap tidak penting. Jika sudah selesai, klik "Apply atau OK". Tapi ingat, dikala melaksanakan ini teman harus hati-hati alasannya ada beberapa agenda bawaan windows / driver yang benar-benar diharapkan dikala startup.

3. Hapus Temporary File (File Sementara)

Temporary File yaitu file-file yang penggunaannya hanya sementara dan menjadi hiperbola sekali sesudah agenda selesai. File sementara tersebut dibentuk untuk menyimpan data sementara ketika file sedang dibentuk dan diproses.

Temporary file biasanya merupakan daerah berkumpulnya file-file sementara yang berkumpul kedalam 1 folder, ibarat file dari internet, aplikasi photoshop, video editor dan aplikasi-aplikasi lainnya. Namun ada kalanya file sementara tersebut tidak terhapus dengan sendirinya dan memerlukan tindakan manual.

Lalu untuk apa menghapus temporary file? Tujuannya yaitu untuk mengosongkan ruang penyimpanan hardisk alasannya ada beberapa file sementara mempunyai ukuran file yang besar sampai 10GB bahkan lebih. Apabila file ini tidak dihapus, maka akan sangat mempengaruhi kinerja komputer.

Untuk menghapusnya, silahkan buka C:\users\username\AppData\Local\Temp atau bisa juga dilakukan dengan cara mengklik tombol "Start » All Program » Accessories » System Tools » Disk Cleanup" kemudian pilih drive C: dan centang semua pilihan yang ada didalamnya kemudian klik "OK".

4. Hapus Sampah di Recycle Bin

Recycle bin merupakan daerah penyimpanan sampah dari file-file yang dihapus dan bersifat sementara. Namun ketika kita membiarkan recycle bin ini penuh dan tidak pernah kita bersihkan, otomatis akan memakan banyak ruang penyimpanan pada partisi hardisk, terutama partisi C: daerah dimana recycle bin dan sistem operasi berada.

Untuk membersihkannya, cukup dengan mengklik kanan icon recycle bin yang ada pada desktop kemudian pilih "Empty Recyle Bin".

Tips : Agar file yang ingin dihapus tidak masuk ke recycle bin dan terhapus secara permanen, cukup tekan "Shift + Delete" pada keyboard.

5. Gunakan Disk Defragmenter

Disk Defragmenter yaitu alat untuk menyatukan file homogen didalam sekat-sekat piringan hardisk. Apa relasi alat ini dengan meningkatkan performa komputer? Tentu saja ada, alat ini berfungsi untuk mengatur / menyusun kembali file-file homogen dalam satu daerah di hardisk. Makara dikala data tersebut diambil oleh sistem, maka akan pribadi ditemukan alasannya sudah berada pada satu daerah saja dan tidak berhamburan.

Untuk mendefrag hardisk, klik kanan pada hardisk yang diinginkan kemudian pilih Properties. Klik tab tools kemudian klik "Defragmet now". Ini akan memakan waktu sedikit lama. Silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.

6. Kurangi Penggunaan Efek Visual

Evek visual merupakan sebuah tampilan pada sistem operasi, semakin banyak imbas yang dipakai maka semakin anggun pulan tampilannya. Tapi teman ketahui bahwa penggunaan imbas visual yang hiperbola akan sangat mengganggu kecepatan komputer.

Untuk mengurangi penggunaan imbas visual ini, bisa teman lakukan dengan cara Klik kanan pada "Computer / My Computer » Advanced System Setting » Performance Setting » VIsual Effect". Didalam visual effect, ada 4 buah pilihan, berikut penjelasannya.
  • Let Windows choose what's best for mycomputer : Windows secara otomatis akan memilihkan performa mana yang cocok dan terbaik dengan komputer sobat.
  • Adjust for Best Appearance : Bila teman menentukan opsi ini, maka tampilan secara keseluruhan windows akan semakin bagus. Namun efeknya akan membuat komputer akan bertambah menjadi lambat.
  • Adjus for Best Performance : Opsi ini akan meningkatkan performa komputer, namun biasanya tampilan windows akan sedikit jelek.
  • Custom : Dari ketiga pilihan diatas, lebih baik teman menentukan sendiri semoga performa dan imbas tampilan windows seimbang.

7. Install / Update Antivirus

Pemasangan antivirus kedalam komputer yaitu salah satu hal yang paling penting, alasannya tanpa antivirus maka virus akan dengan leluasa menerobos masuk ke sistem operasi. Kita semua niscaya sudah tahu bahwa virus bisa membuat komputer kita akan menjadi sangat lambat serta bisa merusak aplikasi dan file-file penting kita.

Untuk itu pilihlah antivirus yang tidak menambah beban komputer dan hindari pemasangan antivirus yang bisa membebani performa komputer sobat. Sebagai referensi, dalam hal ini saya sarankan semoga memakai antivirus Eset Nod32 alasannya antivirus ini sudah sangat terbukti tidak membebani sistem serta bisa menghapus banyak sekali jenis virus yang ada.

8. Tambah Kapasitas Hardisk dan RAM

Cara kedelapan ini bisa teman terapkan apabila 7 cara diatas masih belum memperlihatkan imbas yang maksimal. Karena hardisk dan ram juga menjadi penentu utama dalam hal menambah kecepatan komputer.

RAM akan sangat membantu dalam hal proses multitasking. Bayangkan saja, kalau dalam sebuah komputer menjalankan aplikasi secara bersamaan maka komputer akan terasa sangat lambat kalau tidak didukung oleh ram yang berukuran besar juga.

Sama halnya dengan hardisk yang juga diharapkan untuk menyimpan file yang apabila sudah menyisahkan sedikit kapasitas ruang, maka tidak jarang komputer akan mengalami lag bahkan mati sendiri. Untuk itu saya sarankan, apabila punya cukup uang silahkan tambah kapasitas RAM dan Hardisk komputer milik sobat.

Kesimpulan dan Saran

Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk Mempercepat Performa Komputer / Laptop, namun saya rasa 8 poin penting diatas lebih dari cukup. Jika teman memerlukan tunjangan atau ingin memperlihatkan perhiasan lagi seputar klarifikasi di atas, silahkan memperlihatkan komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat dan salam.

April 30, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 8 Cara Mempercepat Kinerja Komputer (Pc/Laptop) Terbaru.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar