Cara Memperbaiki Kamera Gagal Semua Hp Samsung

Solusi atau Cara Mengatasi Kamera Gagal / Failed Semua Ponsel Samsung - Mengatasi sebuah smartphone yang mengalami Kamera Gagal pada dikala kita gunakan, dapat dikatakan gampang-gampang susah. Mengapa saya katakan demikian, alasannya untuk mengatasinya, kita hanya perlu mengecek beberapa potongan penting, menyerupai mengecek kapasitas penyimpanan yang dalam hal ini yakni penyimpanan foto dan video dari kamera, menghapus cache kamera, mengecek apakah kartu memori rapat atau tidak, mengganti memori eksternal, melaksanakan update android, dan untuk cara yang paling sulitnya yakni membongkar smartphone.

Beberapa faktor yang mengakibatkan persoalan tersebut yakni alasannya hal sepele, menyerupai memori penyimpanan penuh, memori eksternal sebagai media penyimpanan video atau foto tidak terpasang rapat, adanya virus yang masuk ke smartphone, sistem operasi perlu diperbarui, kerusakan kamera pada smartphone dan masih banyak hal lainnya.

Untuk itu, bagi kalian yang mempunyai persoalan pada kamera smartphone samsung yang kalian miliki, yang dalam hal ini "Kamera Gagal/Camera Failed" pada dikala ingin digunakan, berikut ini solusi yang saya rasa perlu kalian coba.

Cara Memperbaiki Kamera Gagal Ponsel Samsung

Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian coba untuk menuntaskan permasalahan pada kamera kalian dan dalam artikel ini, saya akan mengurutkannya mulai dari hal yang paling praktis terlebih dahulu, hingga yang paling rumit.

1. Hapus Cache Kamera.

Untuk menghapus cache kamera ini, kalian dapat melakukannya dengan cara membuka sajian "Setting/Pengaturan > Aplikasi > Manejer Aplikasi > Kamera". Setelah itu lanjutkan dengan cara mengklik icon kamera yang ada pada manager aplikasi tersebut kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Tap "Paksa Berhenti".
  2. Tap pada "Penyimpanan" kemudian pilih "Hapus Data".
  3. Tekan tombol back. Kemudian coba jalankan aplikasi kameranya.
Jika sudah melaksanakan langkah di atas tetapi kamera masih gagal, selanjutnya coba langkah kedua berikut ini.

2. Hapus/Kosongkan Ruang Penyimpanan.

Salah satu yang juga menjadi penyebab kamera gagal yakni alasannya media penyimpanan sudah penuh. Untuk itu, kalian perlu mencoba untuk mengosongkan beberapa kapasitas ruang penyimpanan. Jika kalian memakai memori telepon/internal sebagai tempat penyimpanan file video dan foto hasil dari kamera smartphone kalian, silahkan hapus beberapa file yang ada di memori telepon/internal.

Namun jikalau kalian memakai kartu memori / memori eksternal sebagai media penyimpanan dari kamera, selanjutnya hapus beberapa file yang ada di kartu memori atau memori eksternal. Namun apabila masih belum berhasil juga, silahkan coba cara ketiga berikut ini.

3. Periksa Kartu Memori.

Apabila kalian memakai memori telepon sebagai media penyimpanan hasil dari kamera, sebaiknya langkahi cara ini dan eksklusif saja kalian lihat solusi yang keempat. Namun jikalau kalian memakai kartu memori / memori eksternal sebagai media penyimpanan kamera, sebaiknya periksa kartu memori kalian. Pastikan bahwa kartu memori kalian masih manis (tidak rusak) dan apabila masih bagus, coba cabut kartu memori kalian, kemudian pasang kembali dan pastikan bahwa memori tersebut sudah rapat.

4. Bersihkan Cache Sistem Operasi.

Membersihkan cache sistem operasi merupakan salah satu solusi juga untuk memperbaiki kamera yang gagal. Cara untuk melaksanakan hal ini caranya sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Matikan smartphone kalian hingga posisi off total.
  2. Masuk ke sajian CWM dengan cara menekan tombol "Power + Home + Volume Atas".
  3. Pilih sajian "Clear cache partition". Untuk menentukan sajian ini, gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memindahkan pilihan dan gunakan tombol power untuk menentukan sajian yang diinginkan.
  4. Setelah selesai, pilih "Reboot sistem now".
  5. Tunggu hingga proses restart sistem kalian hingga masuk ke tampilan home. Selanjutnya coba kalian gunakan kamera kalian.
Apabila masih gagal juga, silahkan coba cara kelima berikut ini.

5. Factory Reset / Kembali Kepengaturan Awal Smartphone.

Melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan awal mungkin salah satu solusi yang dapat kalian lakukan, namun cara ini akan menghapus semua aplikasi yang sudah terpasang pada smartphone kalian. Dengan kata lain, smatphone akan kembali menyerupai gres pertama kalian beli. Untuk melaksanakan factory reset, berikut caranya.
  1. Masuk ke sajian "Pengaturan/Settings".
  2. Gulir ke bawah, temukan dan buka sajian "Cadangkan dan Reset".
  3. Gulir ke bawah lagi dan pilih "Reset data pabrik".
  4. Tunggu beberapa dikala hingga proses reset selesai. Secara otomatis, smartphone akan melaksanakan restart dengan sendirinya.
  5. Setelah smartphone sudah menyala kembali, selanjutnya coba kalian gunakan kameranya.

6. Perbarui / Update Sistem Operasi Android.

Cara ini bergotong-royong tidak terlalu menjanjikan untuk menuntaskan persoalan kamera gagal ini, namun saya rasa cara ini patut untuk dicoba. Namun untuk melaksanakan pembaruan sistem diharapkan sambungan internet dan untuk melakukannya, caranya sangatlah mudah. Berikut tahapannya.
  1. Buka Menu "Settings/Pengaturan"
  2. Gulir ke bawah, temukan dan buka "About Device/Tentang Perangkat".
  3. Selanjutnya, pilih sajian "Unduh pembaruan secara manual".
  4. Secara otomatis, perangkat kalian akan mengecek pembaruan yang tersedia. Tunggu beberapa saat.
  5. Lanjutkan dengan mentap "Unduh dan Pasang". Sekali lagi tunggu hingga selesai.
  6. Setelah proses pembaruan sistem selesai, selanjutnya jalankan kamera kalian.

7. Install / Flash Ulang ROM Android.

Cara ini yakni cara yang paling efektif apabila solusi nomor 1 hingga 6 diatas tidak berhasil. Namun sayangnya untuk solusi yang ketujuh ini, diharapkan sebuah komputer dan beberapa aplikasi yang diperlukan, serta ROM Android yang diperlukan. Jika kalian mau mencoba cara ini, silahkan baca tutorialya di:
Cara Install / Flash ROM Android Samsung via ODIN Terbaru.
Ingat, kalian harus teliti dalam menerapkan tutorial yang ada di artikel tersebut. Karena apabila tidak teliti, proses pemasangan / flash / penggantian ROM android akan gagal.

8. Ganti Kamera.

Apabila semua cara di atas sudah dilakukan, langkah terakhir yang dapat kalian tempuh yakni membawa smartphone ke Service Center Samsung / Tukang Servis yang kalian percaya yang ada di tempat kalian.

Dan apabila Kamera Masih Gagal, solusi yang paling terakhir yakni simpan smartphone kalian, terus tiba ke toko dan katakan pada mereka, bang / mbak / abang / adik / bapak / ibu "Saya mau beli smartphone baru." Hehehe, sorry becanda kawan. Tapi saya rasa ada benarnya juga! :D

Bantuan dan Saran!

Apabila kalian mengalami kesulitan dalam menerapakan solusi yang sudah saya jelaskan di atas, silahkan meninggalkan komentar pada kolom komentar yang sudah kami sediakan. Atau kalian dapat juga menghubungi admin secara eksklusif melalui Formulir Contact US.

Dan bagi kalian yang mempunyai cara lain untuk menuntaskan persoalan pada kamera gagal ini, mohon untuk memberitahukannya kepada kami semoga kami dapat menambahkannya ke dalam artikel yang ada di atas.

Itulah Solusi Kamera Gagal pada Android Semua Smartphone Samsung yang dapat saya berikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya, salam hangat dari kami, terima kasih dan hingga ketemu lagi di artikel berikutnya.

May 02, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Memperbaiki Kamera Gagal Semua Hp Samsung.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar