Harga Nokia 6 2018 - Kamera 16Mp, Ram 4Gb/3Gb, Snapdragon 430

ibagifirmware.blogspot.com - Selama ini, banyak rumor yang menyebutkan bahwa Nokia sudah sudah tidak bisa bersaing dengan vendor smartphone lainnya. Hal ini terbukti dengan berkurangnya smartphone Nokia yang beredar di pasaran bahkan terkesan hilang.

Salah satu penyebab mengapa Nokia tidak bisa bersaing ialah alasannya ialah sistem operasi yang ia gunakan. Dimana pada awalnya, smartphone buatan nokia dijalankan oleh sistem operasi berbasis windows phone. Akan tetapi, pemilihan sistem operasi tersebut tidak terlalu diminati oleh kalangan masyarakat luas. Nokia kalah bersaing dengan smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android. Anggaplah Samsung yang semenjak dulu sudah menggunakan OS Android untuk menjalankan perangkat mereka dan pencapaian mereka kini sudah menjadi penguasa tertinggi pasar smartphone di seluruh dunia.

Tetapi sekarang, Nokia sudah mulai bangun dan kembali menjadi bahaya bagi vendor smartphone android lainnya dengan merilis beberapa smartphone Android terbaru. Salah satu smartphone tersebut ialah HP Android Nokia 6. Nokia 6 hadir dengan mengusung tagline "The King is Back!", yang artinya penguasa pasar ponsel jaman dulu kini sudah hadir kembali. Ini merupakan kabar menggembirakan, mengingat selain mengawali kebangkitannya, pasalnya ponsel ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, HP Android Nokia 6 hadir dengan mengusung fitur unggulan dan berkualitas, ibarat mengusung RAM berkapasitas 4 GB dan menggunakan baterai berkapasitas 3000 mAh. Dimana baterai tersebut bisa bertahan atau mode stand-by hingga 768 jam pada jaringan 3G.

Review Singkat Spesifikasi Nokia 6


Desain Bodi - Nokia 6 hadir dengan desain bodi premium menggunakan materi material aluminum pada belahan belakang dan material beling di belahan depan. Pada belahan atas layar terdapat sebuah kamera, speaker dan sensor. Lalu di belahan bawah layar terdapat tiga buah tombol yakni recent, back dan home. Nah di atas dari tombol home ini terdapat sensor pindai sidik jari (finger print) yang akan membantu pengguna dalam membuka kunci layar secara cepat.

Di belahan samping kanan, terdapat tombol power dan tombol pengontrol bunyi atau volume. Kemudian di sisi lainnya (kiri) terdapat sebuah slot untuk memasukkan kartu SIM dan SD Card. Nah slot ini berjenis hybrid dimana slot SIM dan SD Card menyatu. Untuk belahan atasnya, anda bisa menemukan sebuah lubang 3.5mm jack untuk headphone dan di belahan bawah terdapat beberapa lubang, diantaranya lubang usb / charging, mic dan speaker.

belahan belakang Nokia 6 terlihat sangat elegan, dimana hanya terdapa sebuah logo Nokia yang timbul serta terdapat sebuah kamera beresolusi tinggi. Kamera tersebut terbungkus oleh lapisan beling yang sedikit membundar, dan didalamnya juga terdapat LED Flash yang mempunyai fungsi untuk menunjukkan penerangan pada ketika kamera akan mengambil gambar atau video.
Desain Layar - Nokia 6 mengusung sebuah layar berteknologi IPS LCD dengan bentang atau lebar layar berukuran 5.5 inchi. Layarnya ini mempunyai resolusi 1080 x 1920 piksel rasio 16:9 dengan kerapatan piksel sebesar 403 ppi.

Jika dilihat sepintas, Nokia 6 ini hampir ibarat dengan smarphone premium milik Samsung yaitu Samsung Galaxy S6 Edge. Yang mana layar tersebut terlihat ibarat melengkung (infinity display). Layar ini dibalut dalam style 2.5D Curved Glass, sehingga terlihat sangat berkelas dan menarik.

Platform - Sekarang ini, masyarakat luas paling banyak meminati smartphone berbasis Android, untuk itu Nokia tidak ingin ketinggalan lagi dari para pesaingnya yakni dengan membekali perangkat mereka dengan sistem operasi Android. Salah satu perangkat tersebut yaitu Nokia 6 ini.

Nokia 6 dijalankan atau dioperasikan oleh OS Android Nougat Android 7.1.1 yang dikabarkan akan di upgrade ke Android 8.0 (Oreo). Sistem yang menjalankannya ditopang penuh oleh RAM berkapasitas 4 GB. Selain itu, untuk memaksimalkan kinerjanya dalam hal pengolahan data, sebuah CPU dengan cipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 juga disematkan di dalamnya.

CPU tersebut berjenis Cortex-A53 dan mempunyai 8 inti atau Octa-core, yang mana kemampuannya dalam mengolah data berkecepatan 1.4 GHz. Untuk urusan pengolah grafisnya, diserahkan kepada GPU Adreno 505 yang mempunyai kemampuan untuk menuangkan visual yang berkualitas, jernih dan nyaman di mata meski dipakai lebih lama.

Dengan perpaduan platformnya ini, bukan hanya menghasilkan visual yang sangat bagus, tetapi juga menghasilkan kinerja dengan sangat baik. Sehingga apabila dipakai untuk bermain game atau melaksanakan aktivitas multitasking, maka akan terasa sangat lancar.
Kamera - Tidak diragukan lagi, Nokia semenjak jaman dulu selalu menunjukkan kepuasan kepada para penggunanya, salah satunya dengan menunjukkan kemampuan kamera dengan resolusi tinggi. Hal ini kembali lagi dibuktikan dengan menyematkan kamera beresolusi 16 MP kedalam Nokia 6.

Kamera tersebut sanggup menangkap gambar dan merekam video beresolusi Full HD 1080 piksel dengan frame rate per detik @30fps. Kamera utama ini dibelaki beberapa fitur untuk membantunya dalam proses pengambilan gambar dan video. Diantaranya fitur auto fokus, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah, Panorama, HDR dan Dual LED Flash.

Sedangkan untuk kamera depan atau selfie, menggunakan kamera beresolusi 8 MP dengan lensa f/2.0. Kemampuannya sendiri tidak jauh berbeda dengan kamera utama, dimana bisa menghasilakan video resolusi Full HD 1080 piksel serta dilengkapi banyak fitur. Makara bagi anda yang suka melaksanakan pengambilan video atau gambar melalui kamera depan, anda tidak perlu khawatir akan hasilnya.

Penyimpanan - Agar Nokia 6 bisa menampung banyak data, baik itu berupa file, aplikasi, gambar, video dan sebagainya, maka disematkan kapasitas penyimpanan sebesar 64 GB. Penyimpanan ini sudah termasuk ROM sebagai daerah sistem operasinya serta aplikasi sistem.

Jika anda merasa masih kurang, anda tidak perlu khawatir alasannya ialah masih disediakan sebuah slot SD Card untuk melaksanakan perluasan terhadap penyimpanan. SD Card tersebut berjenis micro yang tempatnya menyatu dengan slot SIM. Adapun batas perluasan yang bisa dilakukan hingga 256 GB. Jika lebih dari itu, maka ponsel akan mengalami lag atau memorinya tidak akan terbaca.
Baterai - Selain beberapa fitur lain yang sudah disebutkan di atas, salah satu yang mungkin jadi pertimbangan bagi anda sebelum membeli smartphone Nokia 6 ialah pada belahan baterainya. Nokia 6 mengusung baterai berjenis Li-Ion yang bisa menampung daya berkapasitas 3000 mAh.

Sekilas mungkin terasa masih sangat kurang jikalau dibandingakan dengan ponsel lainnya, akan tetapi dengan teknologi yang ia miliki, baterai ini bisa bertahan dalam mode siap siaga selama 768 jam pada jaringan 3G. Tidak berhenti hingga disitu, dayanya juga bisa dipakai selama 18 jam (3G) untuk berbicara (menelepon) dan 22 jam apabila dipakai untuk memutar musik tanpa henti.

Nah, bagi anda yang sering jauh dari sumber daya untuk melaksanakan pengisian baterainya tersebut, anda tidak perlu khawatir, alasannya ialah baterai Nokia 6 sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat (fast charging).

Konektivitas - Untuk menunjang penggunaannya secara maksimal, beberapa konektivitas juga siap digunakan. Diantaranya ada akomodasi Wlan (WiFi), tersedianya port USB 2.0 yang sudah support dengan kabel / usb OTG, bluetooth, radio FM, GPS dengan A-GPS, GLONASS dan beberapa konektivitas lainnya.

Selain itu, Nokia 6 juga sudah bisa melaksanakan sambungan internet pada jaringan berteknologi 4G LTE. Dimana ia bisa menghasilkan kecepatan susukan data internet pada koneksi HSPA dengan download 42.2 Mbps dan Upload 5.76 Mbps. Sedangkan jikalau terhubung dengan jaringan 4G LTE, maka kecepatan untuk mengunduh data hingga 150 Mbps dan upload 50 Mbps untuk jaringan 4G kategori 4.

Harga Terbaru Nokia 6 dan Spesifikasi Full


Untuk harga terbaru Nokia 6 beserta spesifikasi lengkapnya, bisa kalian lihat pada tabel berikut ini.
UMUM
HargaRp 2,3 juta (3GB RAM / 16GB ROM)
Rp 2,9 juta (3GB RAM / 32GB ROM)
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisJanuari 2017
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi154 x 75.8 x 7.9 mm
Berat169 gram
BahanDepan kaca, bodi aluminium
WarnaHitam, Biru, Silver, Copper
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.5 inci
ResolusiFHD 1080 x 1920 piksel
Kerapatan Piksel403 ppi
Rasio16:9
PerlindunganCorning Gorilla Glass 3
PLATFORM
OSAndroid Nougat 7.1
ChipsetQualcomm Snapdragon 430 (MSM8937)
CPUOcta-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 505
RAM4GB / 3GB
PENYIMPANAN
Internal16/32/64 GB
EkspansiYa, microSD hingga 256GB
KAMERA UTAMA
Resolusi16 MP
Lensaf/2.0
LED FlashYa, Dual-LED Dual-Tone Flash
VideoFHD 1920 x 1080 piksel @30fps
FiturPhase detection autofocus, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah, Panorama, HDR
KAMERA DEPAN
Resolusi8 MP
Lensaf/2.0
LED FlashTidak
FiturAutofokus
VideoFHD 1920 x 1080 piksel
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth4.1
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioFM radio
NFCYa
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3000 mAh
Pengisian CepatYa
Stand-byHingga 768 jam (3G)
Talk TimeHingga 18 jam (3G)
Music PlayerHingga 22 jam
FITUR
KeamananFingerprint (depan ponsel)
SensorAccelerometer, Gyroscope, Compass, Proximity
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Dolby Atmos sound enhancement
Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Kelebihan HP Android Nokia 6

  • Sudah mendukung jaringan internet berbasis teknologi 4G LTE dengan kecepatan download 150 Mbps dan download 50 Mbps.
  • Desain bodi yang terbuat dari materi material aluminum.
  • Layarnya berukuran tidak mengecewakan besar yakni 5.5 inchi dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.
  • Menggunakan CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 dengan chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430.
  • Memiliki kapasitas RAM yang cukup besar, yakni 4 GB.
  • Mempunyai kapasitas penyimpanan dan ROM dengan jumlah total sebesar 64 GB.
  • Adanya slot memori card (SD Card) yang berfungsi untuk menambah kapasitas penyimpanan.
  • Sudah berjalan dengan menggunakan sistem operasi Android versi 7.1.1 custom UI.
  • Memiliki kamera beresolusi tinggi yaitu 16 MP untuk kamera utama dan 8 MP untuk kamera depan (selfie).
  • Mempunyai baterai berkapasitas 3000 mAh yang bisa bertahan (stand-by) hingga 728 jam.
  • Baterainya sudah mendukung teknologi fast charging (pengisian super cepat).
  • Memiliki sensor pindai sidik jari yang letaknya di atas tombol home, sehingga memudahkan pembukaan kunci layar dengan sangat cepat.

Kekurangan HP Android Nokia 6

Secara keseluruhan, kekurangan yang dimiliki oleh HP Android Nokia 6 tidaklah terlalu banyak. Hanya saja kekurangan yang paling menonjol ada pada belahan Layar yang digunakannya. Dimana layarnya tersebut hanya mengusung sebuah teknologi IPS LCD dan bukan dari teknologi Super AMOLED.

Karena ibarat yang sudah anda ketahui, bahwa teknologi Super AMOLED ketika ini ialah yang paling banyak dipakai oleh vendor smarphone dan juga paling banyak diminati oleh masyarakat. Selain itu, admin melihat tidak adanya kekurangan lain yang terlihat jikalau di dasarkan dari tabel atau review spesifikasi yang ada di atas. Namun apabila anda mempunyai pendapat lain, anda bisa menyampaikannya pada kolom komentar yang sudah disediakan.

August 04, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Harga Nokia 6 2018 - Kamera 16Mp, Ram 4Gb/3Gb, Snapdragon 430.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar