Cara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android

Cara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android, Bagi kau yang suka ngoprek, smartphone mengatakan bermacam-macam fitur canggih yang memudahkan kau dalam menggunakannya. Kamu juga sanggup memakai keleluasaan dalam mengkustomisasi isinya. Seperti dalam Android, kita bersahabat dengan acara Rooting.

Namun, banyak para Opreker pengguna Android ini ada kalanya terganggu duduk kasus keamanan. lantaran demi menjamin keamanan sebuah smartphone buatannya, vendor sengaja mengunci bootloadernya.

Pada dasarnya setiap smartphone Android niscaya mempunyai bootloader ini terjadi biar kernel sistem operasi sanggup nyala dan berjalan secara normal. Namun lantaran merupakan sistem operasi terbuka, masing-masing smartphone Android mempunyai bootloader yang berbeda pula. Itu sebabnya custom ROM masing-masing smartphone selalu berbeda.

Kenapa bootloader dikunci oleh vendor? Ini bertujuan biar kau tidak memasang custom ROM yang bukan buatan vendor. Manfaatnya terang yaitu garansi
Keuntungan mempunyai smartphone yang telah unlocked bootloader, kau sanggup dengan leluasa meng-install custom ROM menyerupai CyanogenMod atau SlimRom. Tapi bila ternyata bootloader kau terkunci, maka harus meng-unlock bootloader-nya dulu.

cara mengetahui status locked atau unlocked bootloader yaitu :
  • Menggunakan Adb. Download dulu AdbDriver dari link ini, kemudian ekstrak dan install.
  • Matikan smartphone Android kamu, kemudian masuk Fastboot. dengan menekan tombol Power dan Volume Up bersamaan. Ciri smartphone yang masuk Fastboot Mode yaitu ada goresan pena Fastboot di layar. 

  • Apabila gagal dengan memakai tombol kombinasi, maka kau sanggup masuk Fastboot lewat CMD Promp. Caranya: di folder Adb yang kau ekstrak, tekan Shift + klik kanan mouse dan pilih Open Command Windows Here. Lalu ketikkan adb reboot bootloader

  • Masih di CMD Promp, untuk mengetahui status bootloader smartphone, kau cukup ketikkan fastboot oem device-info kemudian Enter. Maka akan muncul hasilnya.
**KETERANGAN**:
(bootloader) Device unlocked: true --> Maka _bootloader_ sudah UNLOCKED
(bootloader) Device unlocked: false --> Maka _bootloader_ masih LOCKED
Jika terbuka bootloader-nya, maka kau sanggup leluasa memilih perilaku bila ingin memasang custom ROM. dan jangan sekali-kali install custom ROM bila smartphone kau masih terkunci bootloader-nya dan bila tidak mau terkena bootloop nantinya

Demikianlah Cara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android Semoga Artikel Ini Bermanfaat

August 07, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar