Harga Nokia 2 2018 - Snapdragon 212, Kamera 8Mp, Baterai 4100 Mah

ibagifirmware.blogspot.com - Beberapa bulan semenjak diluncurkan beberapa waktu yang lalu, sekarang Smartphone Android Nokia 2 sudah masuk ke Indonesia melalui HMD Global dan sudah tersedia di beberapa penjualan, baik toko online maupun offline. Nokia 2 merupakan smartphone entry level (kelas bawah) yang resmi diperkenalkan pada bulan Oktober Tahun 2017.

Ponsel ini diprediksi akan menjadi pesaing berat bagi Smartphone Xiaomi Redmi 5A. Meski Nokia 2 mempunyai harga sedikit lebih mahal kalau dibandingkan dengan smartphone entry-level lainnya, akan tetapi Nokia 2, mempunyai keunggulan spesifikasi tersendiri.

Review Singkat Spesifikasi Nokia 2


Desain Bodi Berkelas - Meski bodinya tidak memakai materi metal sepenuhnya, Nokia 2 dibalut dengan bingkai aluminium hampir disemua pecahan rangkanya. Kemudian di pecahan epilog belakang memakai materi dasar yang terbuat dari plastik. Satu hal yang menarik perihal epilog belakangnya ialah bisa dilepas dengan gampang dan diganti kalau rusak atau tergores.

Sisi aktual lain dari epilog belakang bodinya ini ialah tidak memerlukan alat SIM/SD Card ejector untuk memasukkan kartu SIM atau kartu memori. Akan tetapi, baterai yang tertanam di dalam bodinya ini tidak bisa dilepas begitu saja, sebab ada beberapa lusinan baut yang harus dilepas terlebih dahulu.

Beralih ke pecahan bodi lainnya, dibagian sisi kiri terdapat tombol volume dan power dan di sisi kanan tampak kosong. Kemudian di pecahan depan terdapat sebuah layar yang diadopsi dari teknologi LTPS IPS LCD berukuran 5.0 inci. Layar tersebut mempunyai resolusi 720 x 1280 piksel, rasio 16:9, kerapatan piksel 294ppi dan diberikan sumbangan anti gores Corning Gorilla Glass 3.

Tepat dibagian atas layar terdapat kamera beresolusi 5MP, logo Nokia di pojok kanan atas, lubang bunyi berada di tengah, dan sempurna di sebelahnya terdapat sensor proximity dan ambient light sensor. Sayangnya, tidak ada notifikasi LED untuk membantu kamera selfie dalam memperlihatkan penereangan saat hendak mengambil gambar / video di kawasan yang gelap.

Lanjut ke pecahan bawah layar, disana anda tidak akan menjumpai tombol navigasi fisik apapun. Semuanya tampak rata, sebab tombol navigasi sudah dipindahkan ke dalam layar. Secara keseluruhan, bodi Nokia 2 mempunyai panjang 143.5mm, lebar 71.3mm dan ketebalan 9.3mm.

Platform OS Android dan CPU Bertenaga - Nokia 2 menjalankan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat, dan Nokia berjanji akan menyediakan update biar bisa diupgrade ke Android Oreo versi 8.1. Dengan ini, ponsel Nokia entry level akan mendapat peningkatan kinerja yang sangat dibutuhkan. Tapi tidak diketahui secara pasti, kapan update OS ini akan tersedia.

Nokia 2 didukung oleh chipset Snapdragon 212, dengan CPU quad-core sederhana yang mengandalkan Cortex-A7 dengan kecepatan clock sampai 1.3GHz. Meski memilik chipset dan CPU yang bertenaga, sayangnya performanya akan terasa sangat lambat sebab hanya memakai RAM berkapasitas 1GB saja.

Disisi lain, Nokia juga dilengkapi penyimpanan internal yang kapasitasnya terasa sangat rendah, yakni hanya 8GB saja. Padahal pada rentan harga 1,5 jutaan, kita bisa membeli sebuah smartphone dengan spesifikasi yang lebih baik dari ini dan sudah menyediakan RAM di atas 1GB dan penyimpanan internal paling tidak berkapasitas 16GB.

Meski mempunyai peyimpanan dan RAM yang tergolong rendah, akan tetapi hasil tes memperlihatkan bahwa perfomra yang dihasilkan tidak bisa dipandang sebelah mata. Hasil test skor Antutu 6 ialah 25210, lebih baik dari beberapa smartphone sekelas lainnya. Walaupun demikian, skor Antutu yang dihasilkan bukanlah menjadi tolak ukur bagi sebuah smartphone, tetapi dibutuhkan juga beberapa test lainnya. Namun, secara keseluruhan perpaduan hardware yang digunakannya sudah sangat baik dan dinilai bisa bersaing dengan smartphone entry level laiinya.

Kamera 8 MP dan Baterai Jumbo 4100 mAh - Nokia 2 dilengkapi dengan kamera utama 8MP di pecahan belakangnya dengan lensa aperture f/2.6. Nokia tidak memasukkan aperturenya ke dalam spesifikasi, tetapi ini merupakan lensa yang mempunyai sudut yang cukup lebar. Kamera ini tidak dilengkapi fitur OIS, tapi mempunyai fokus otomatis (autofokus) dan lampu kilat LED untuk membantu pengambilan gambar / video di kawasan gelap atau minim cahaya. Tersedia juga sajian untuk menentukan efek foto biasa, panorama, atau mode 'beauty'.

Selain itu, ada juga pilihan untuk mode lampu kilat (on/off/auto), HDR (on/off/auto), self timer (mati/3s/10s), dan pengalih kamera depan / belakang. Sementara untuk kamera selfie, tidak bisa terlalu diperlukan sebab Nokia 2 hanya memakai kamera standar beresolusi 5 MP dan tidak dilengkapi fitur LED-Flash.

Satu hal yang mungkin menjadi daya tarik dari HP Android Nokia 2 ini ialah pada pecahan baterainya. Dimana kapasitas daya yang bisa ditampung sebesar 4100 mAh, bisa bertahan selama 1340 jam dalam mode stand-by, 19 jam untuk panggilan bunyi pada koneksi 3G dan 139 jam untuk memutar musik hanya dengan sekali pengisian.

Harga Terbaru Nokia 2 dan Spesifikasi Full


Harga perdana untuk mendapat smartphone ini sekitar Rp1,5 jutaan, akan tetapi selama beberapa bulan terakhir terus mengalami penurunan harga. Untuk hargaterbarunya, bisa kalian lihat pada tabel berikut beserta spesifikasi lengkapnya.
UMUM
HargaRp 1,3 juta (1GB RAM / 8GB ROM)
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisOktober 2017
JARINGAN
SIMNano Dual SIM
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi143.5 x 71.3 x 9.3 mm
Berat161 gram
BahanRangka aluminium, belakang plastik
WarnaHitam, Putih, Copper
LAYAR
JenisLTPS IPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.0 inci
Resolusi720 x 1280 piksel
Rasio16:9
Densitas294 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 3
PLATFORM
OSAndroid Nougat v7.1.1
ChipsetQualcomm Snapdragon 212 (MSM8909v2)
CPUQuad-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPUAdreno 304
RAM1 GB
PENYIMPANAN
Internal8 GB
EkspansiYa, microSD sampai 128 GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
Sensor8 MP
Lensaf/2.6
LED FlashYa
Video720p@30fps
FiturAutofocus, LED flash, Geo-Tagging, Sentuh Fokus
KAMERA DEPAN
Sensor5 MP
Lensaf/2.6
LED FlashTidak
Video720p @30fps
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, hotspot
Bluetooth4.2
USBMicroUSB 2.0
RadioFM radio dengan RDS
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas4100 mAh
Pengisian CepatTidak
Stand-byHingga 1340 jam (3G)
Talk TimeHingga 19 jam (3G)
Video PlayerHingga 139 Jam
FITUR
KeamananPola, PIN
SensorAccelerometer, Compass, Proximity
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa info pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

August 04, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Harga Nokia 2 2018 - Snapdragon 212, Kamera 8Mp, Baterai 4100 Mah.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar